Rilis Berita

LDS Charities Memperbaiki Kondisi Kehidupan di Panti Penyandang Cacat

Dalam beberapa bulan sejak LDS Charities tiba di Timor Leste, perwakilannya telah memperbaiki kondisi kehidupan di sebuah panti untuk para penyandang cacat

Pada bulan Agustus 2015, Penatua Douglas dan Sister Lucinda Johnson, perwakian dari LDS Charities (LDSC), datang ke Timor Leste untuk tinggal di sana selama 14 bulan mendatang. Selama beberapa bulan sejak kedatangan mereka, keluarga Johnson ini merasa bersyukur karena telah menemukan kesempatan untuk membantu orang-orang Timor Leste menolong diri mereka sendiri.

Sebagai contoh, LDSC bekerja sama dengan Pusat Penampungan Penyandang Cacat AHISAUN (Pusat Penampungan) di Timor Leste, 

yang menyediakan tempat tinggal bagi 24 orang pemuda (usia 18 hingga 25 tahun) yang menderita cacat dalam beberapa keadaan.

Pusat Penampungan tersebut kekurangan perlengkapan yang biasanya diharapkan dari fasilitas tempat tinggal semacam itu. Secara khusus, para wanita muda memasak di atas lantai yang kotor dengan api yang penuh asap tanpa ventilasi yang cukup. Selain itu, atap dapur tidak menutupi keseluruhan area yang dimaksudkan untuk ternaungi, sehingga memungkinkan air hujan menurunkan kondisi kebersihan.

Sebagai tanggapan atas kebutuhan Pusat Penampungan itu, LDSC dapat memperbaiki kondisi kehidupan di Pusat Penampungan tersebut dengan cara:

  • Menutupi area tersebut dengan atap yang memadai.
  • Menambah dinding dan lantai beton berubin.
  • Memasang saluran air di tempat pencucian piring dan pipa pembuangan air kotor.
  • Membuat tempat penyiapan makanan dan tempat memasak di atas lantai.
  • Menyediakan dua kompor minyak tanah untuk memasak dan sebuah kulkas untuk mengawetkan makanan.
  • Menyediakan meja dapur.
  • Menyediakan perlengkapan makan yang baru (cangkir, mangkuk, piring, sendok) serta rak piring untuk menyimpan perlengkapan yang baru tersebut).

Domingos dos Santos, Direktur AHISAUN mengatakan, “Allah berada bersama kita itu sangat mudah, tetapi bagaimana kita berjalan bersama Tuhan itu sulit. Bantuan Anda [LDSC] adalah tanda bahwa Allah berjalan bersama para penyandang cacat.”

LDSC adalah organisasi bantuan kemanusiaan nirlaba dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir. Pelayanan yang diberikan oleh LDSC didasarkan pada tanggung jawab pribadi, dukungan masyarakat, kemandirian, serta kesinambungan. Upaya-upaya LDSC dirancang untuk memberi kepada individu dan masyarakat, alat yang mereka perlukan untuk memperbaiki keadaan mereka sendiri dengan cara-cara yang permanen dan bermakna.

Dukungan yang telah diberikan oleh LDSC kepada Pusat Penampungan tersebut, tentu saja memungkinkan para penghuni Pusat Penampungan itu untuk memiliki kehidupan yang lebih sehat serta menyediakan kebutuhan mereka sendiri secara lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut tentang LDSC serta program-program dan kegiatannya, kunjungi https://www.ldscharities.org/

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.